Berbagai Peluang

Berbagai Peluang adalah Blog yang membahas tentang berbagai macam kumpulan ide peluang usaha yang bisa membantu anda dalam memilih usaha yang akan anda jalankan

Cara Membersihkan Lidah Putih pada Bayi

Cara Membersihkan Lidah Putih pada Bayi - Masalah yang selalu dialami oleh setiap bayi adalah lidah memutih. Hal tersebut tidak bisa dilihat dengan mudah, kecuali jika sang bayi membuka mulutnya sendiri. Jika anda masih baru menjadi ayah/Ibu tentu akan kebingungan, apakah lidah putih pada bayi berbahaya?, apakah bisa diatasi dengan mudah?. Tenang, lidah putih pada bayi masih bisa di atasi dengan mudah, dan tidak berbahaya.

Cara Membersihkan Lidah Putih pada Bayi

Lebih baik semua masalah yang terjadi pada bayi dikonsultasikan pada dokter, tapi tidak ada salahnya kalau anda mencoba untuk mencari solusinya sendiri dengan membaca artikel di internet. Sebelum menuju ke poin utama, perlu anda ketahui terlebih dahulu penyebab terjadinya lidah bayi bewarna putih.

Penyebab lidah putih pada bayi

Mungkin Susu
Coba anda perhatikan ketika bayi anda sedang minum susu, Jika lapisan putih tersebut muncul setelah bayi minum susu, dan hilang dengan sendirinya, itu dapat dipastikan lidahnya terkena sisa susu yang menempel di lidahnya. Hal tersebut bisa dihilangkan dengan cepat, gunakan saja kain halus yang sudah di basahi dengan air, dan bersihkan secara hati-hati supaya tidak melukai gusi bayi.

Bila selaput putih tersebut terdapat kemerahan dibagian tepinya, dan lapisan putih tersebut muncul di area gusi, lidah bahkan langit-langit mulut, bisa dipastikan akibat infeksi jamur atau pral trush.

Baca juga Cara Membersihkan Pompa Asi Setelah Dipakai

Karena Oral Trush
Infeksi jamur disebut juga dengan Candida albicans, yang sering menyerang mulut bayi, terutama bayi yang masih berusia 2 bulan. Bentuk jamur ini sama seperti sisa susu yang menempel, hanya saja warnanya sedikit lebih pekat dan terdapat kemerahan di tepinya. Jika sudah terkena jamur ini, tidak bisa dihilangkan dengan cara menyeka, justru hal tersebut akan membuat bercak putih berdarah dan perih.

Sedikit tanda bila bayi akan terkena jamur ini adalah, rewel ketika hendak menyusui. Terjadinya Oral Trush karena paparan dari luar, misal saja puting susu ibu mengalami infeksi jamur ini, ketika si batu menyusui jamur tersebut menular ke mulut bayi. Pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan antibiotik yang sudah disarankan oleh dokter.

Oral Trush juga bisa terjadi karena Dot bayi yang tidak bersih. Dot bayi sangat berbeda dengan gelas biasa, karena mulut bayi yang berusia dibawah 2 bulan masih sangat sensitif terhadap bakteri, jadi anda harus benar-benar membersihkannya secara bersih, supaya dot tetap aman di gunakan untuk bayi. Jika anda masih bungung teknik mencuci dot yang benar silahkan baca "Cara membersihkan Dot bayi"

Cara Membersihkan Lidah Putih pada Bayi

Membersihkan Bekas Susu
Seperti yang sudah di jelaskan di atas, lidah putih pada bayi akibat susu bisa dihilangkan dengan sangat mudah. Cukup siapkan kain halus yang sudah di rendam dengan air hangat, setelah itu bersihkan mulut bayu yang terdapat sisa susu, bersihkan dengan gerakan melingkar sampai sisa susu bersih. Sisa susu yang tidak dibersihkan juga tidak baik bagi si buah hati.

Menghilangkan Oral Trush/Jamur pada mulut bayi
Kasus seperti ini dibagi menjadi 2 jenis, ada yang ringan dan ada juga yang berat. Jika Oral Trush ringan, itu bisa hilang denga sendirinya, tanpa harus melakukan perawatan. Sementara yang berat seperti lidah putih yang terdapat bercak merah disekitarnya, harus membutuhkan pengobatan yang lebih seperti obat anti jamur dan bakteri yang kusus untuk bayi. Biasanya dokter memberi resep obat Nistatin Tetes, atau disebut dengan lotion anti jamur.

Baca juga Cara Membersihkan Kaca Aquarium

Sangat disarankan untuk membawa si kecil ke dokter bila terjadi oral/trush yang parah, untuk mendapat resep dan petunjuk yang aman, tanpa ada rasa ragu untuk mengobatinya. Semoga artikel Cara Membersihkan Lidah Putih pada Bayi ini bisa bermanfaat bagi anda, ingat jagalah selalu kesehatan bayi anda terutama pada mulutnya yang masih sensitif. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membersihkan Lidah Putih pada Bayi

0 komentar:

Posting Komentar