Berbagai Peluang

Berbagai Peluang adalah Blog yang membahas tentang berbagai macam kumpulan ide peluang usaha yang bisa membantu anda dalam memilih usaha yang akan anda jalankan

Cara Membersihkan Pompa Asi Setelah Dipakai

Cara Membersihkan Pompa Asi - Susu adalah makanan utama bayi yang baru saja lahir, Oleh karena itu Ibu bayi harus terus menyususi anaknya supaya nutrisi buah hati tetap terjaga. Namun biasanya bagi Ibu yang bekerja, jarang memiliki waktu untuk menyusui bayinya. Jika hal tersebut terjadi maka menggunakan Pompa Asi adalah solusinya. Pompa Asi adalah perlengkapan penting bagi Ibu menyusui untuk meningkatkan persediaan air susu dikala kesibukan yang menganggu.

Cara Membersihkan Pompa Asi Setelah Dipakai

Pompa Asi memang membutuhkan perawatan yang ekstra, mengingat Asi yang akan diperas oleh Ibu tidak terkontaminasi oleh kotoran. Demikian juga dengan wadah atau kontainer, tempat yang digunakan untuk menampung Susu. Jika anda belum tau bagaimana cara membersihkan pompa susu yang baik dan benar, berikut akan kami jelaskan cara beberapa tips dan cara membersihkan pompa asi tersebut.

Hal yang harus diperhatikan

1. Baca petunjuk manual dengan teliti
Jika anda membeli alat pompa asi dengan merk apapun pasti mendapat manual guide atau buku petunjuk. Pompa asi memiliki 2 tipe yang pertama adalah manual dan yang kedua elektrik, tentu saja keduanya memiliki cara yang berbeda dalam segi cara membersihkan. Oleh karena itulah anda harus dianjurkan membaca manual guide terlebih dahulu.

2. Pahami bagian mana yang perlu dicuci
Ingat!, tidak semua bagian pompa asi bisa dicuci, misalnya saja bagian yang berhubungan dengan listrik di pompa elektrik. Bagian yang mengandung elektrik cukup bersihkan dengan kain kering saja

Baca juga Cara Membersihkan Kaca Aquarium

3. Pisahkan bagian pompa asi sebelum membersihkan
Pada saat membeli pompa asi baru, akan terdiri dari beberapa bagian. Jika hendak membersihkannya kita harus memisahkan beberapa bagian yang bisa dilepas. pastikan periksa pada bagian selang atau bagian kecil lainnya, jika ada sisa susu bersihkan.

Berikut adalah langkah-langkah Cara Membersihkan Pompa Asi Setelah Dipakai

1. Menggunakan Mikrowife
Pompa Asi juga dapat dibersihkan dengan menggunakan mikrowife atau mesin sterilisasi elektrik, pastikan dulu bahwa bagian-bagian pompa asi bisa dibersihkan dengan mikrowife, jika ada bagian elektrik pisahkan saja. Metode seperti ini sama seperti membersihkan dot atau empeng bayi yang direbus dengan air panas

2. Mencuci Pompa asi dengan merebus di air panas
Seperti yang sudah disinggung pada poin 1, dengan menggunaka air panas adalah cara termudah untuk mensterilkan pompa asi setelah dipakai. caranya sangat mudah, bersihkan terlebih dahulu bagian-bagian yang tidak mengandung elektrik/listrik dengan air bersih, gunakan sabun pencuci piring cair anti bakteri, Bilas hingga tidak ada sisa sabun. lalu rebus pompa asi dengan air panas yang mendidih selama 10 menit. Maka pompa asi anda sudah steril dan siap untuk digunakan.

3. jangan gunakan handuk untuk membersihkan pompa asi
Sebaiknya jangan pernah menggunakan handuk untuk membersihkan alt pompa asi, dot dan empeng. Karena handuk adalah kain yang bisa saja mengandung banyak bakteri yang bisa menimbulkan penyakit pada bayi.

Demikianlah artikel tentang cara membersihkan pompa Asi yang bisa anda lakukan dirumah, dikantor atau dimana saja secara praktis. Namun ingatlah selalu akan menjaga kebersihan Pompa asi maupun dot yang digunakan oleh buah hati anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membersihkan Pompa Asi Setelah Dipakai

0 komentar:

Posting Komentar