Berbagai Peluang

Berbagai Peluang adalah Blog yang membahas tentang berbagai macam kumpulan ide peluang usaha yang bisa membantu anda dalam memilih usaha yang akan anda jalankan

Cara Menabung di Celengan Dengan Baik

Cara Menabung di Celengan - Bagi pelajar menabung adalah hal yang bisa di lakukan untuk membeli suatu keinginan yang harganya tidak bisa di beli dengan uang saku sehari-hari, misal saja ingin membeli Hp baru. Cara menabung yang praktis bisa dilakukan dengan menggunakan celengan, yang bisa di beli di toko, tanpa harus menabung di ATM. Dengan menabung dengan giat dan konsisten uang didalam celengan akan cepat terkumpul, dan keinginan untuk membeli sesuatu bisa terwujud.


Bagi seorang pengusaha, menabung adalah hal yang harus di lakukan untuk menyisihkan uang yang mungkin akan bermanfaat di kemudian hari. Jangan kira menabung di celengan hanya bisa di lakukan oleh anak kecil saja, orang dewasa pun juga bisa melakukannya. Keuntungan menabung dengan menggunakan celengan, uang kita lebih aman dan tidak akan berkurang, berbeda dengan menabung di ATM yang harus bayar biaya bulanan atau setiap kali penarikan dan transaksi yang di lakukan.

Tidak ada salahnya menabung di ATM, tapi alangkah lebih baik anda juga menyisihkan sedikit uang, misalnya saja Rp.20.000 perhari dari hasil berjualan atau usaha anda untuk di masukan kedalam celengan.

Pernah membaca berita tentang seorang perokok berat yang memutuskan untuk berhenti merokok dan menyimpan uang rokoknya kedalam celengan. Ia mengahbiskan uang 300 ringgit (30 ribu) perhari untuk membeli rokok. Suatu ketika ia di tantang oleh ibunya untuk berhenti merokok, setiap hari ia memasukan uang rokoknya kedalam celengan, siapa sangka setelah 10 tahun menabung secara konsisten, ia mendapat 70 ribu ringgit, atau setara dengan Rp.200.000.000, dan berhasil membawa ibunya naik haji.

Dari kisah diatas membuktikan bahwa menabung sangat menguntungkan bagi diri sendiri dan orang yang ada di sekitar kita. Dengan menabung di celengan kita bisa belajar untuk berhemat. Jika anda tertarik untuk menabung, berikut ada beberapa tips cara menabung dengan celengan dirumah.

1. Gunakan Celengan Tanah Liat
Jika anda sudah memiliki niat yang kuat untuk menabung, yang harus anda lakukan adalah memilih celengan. Sebaiknya pilihlah celengan yang bagus, atau memiliki harga yang sedikit mahal, misalnya saja celengan dari tanah liat bentuk ayam dengan ukuran besar. Selain untuk menabung, celengan tersebut juga bagus untuk pajangan dirumah.

Biasanya nafsu tergoda untuk membuka celengan karena kepepet ingin membeli susuatu, jika celengan anda terbuat dari tanah liat, pasti anda akan merasa sayang kalau celengan tersebut dibuka atau di hancurkan.

Baca juga Cara promosi produk makanan

2. Menabung sesuai tanggal / jadwal
Cara ini bisa membuat anda lebih konsisten ketika menabung di celengan. Tentukan jadwal menabung, misalnya saja dalam satu hari anda harus memasukan uang Rp.10.000 kedalam celengan, atau setiap minggu anda wajib memasukan uang sebesar Rp.70.000 kedalam celengan. Jika anda memiliki suatu usaha kecil kecilan, anda memasukan uang sekian persen dari hasil penjualan anda, misalkan dalam satu hari dagangan anda mendapat untung bersih Rp.100.000, dan menyisihkan 10% dari hasil tersebut untuk di masukan kedalam celengan.

Meski hanya dengan hanya yang kecil, jika anda terus melakukannya secara konsisten, maka uang didalam celengan akan terkumpul banyak.

3. Tanamkan motivasi menabung
Motivasi adalah kekuatan terbesar yang dimiliki manusia untuk mencapai suatu tujuan. Dengan adanya motivasi akan selalu teringat akan tujuan utama. Demikian pula dengan hal menabung juga butuh motivasi supaya bisa melakukannya secara konsisten. Motivasi dalam hal menabung contohnya, anda ingin sekali membeli rumah, karena ingin mandiri tanpa harus bayar sewa.

Dengan ada nya motivasi contoh tersebut anda bisa menabung untuk tujuan utama anda, yaitu membeli rumah.

4. Lakukan secara Konsisten
Semua hal yang tidak di kerjakan secara konsisten pasti akan gagal, dan tidak memuahkan hasil. Seperti pada poin nomor 3, gunakan motivasi sebagai penyemangat menabung, untuk meraih sesuatu yang sudah anda targetkan. Percayalah jika anda menabung secara konsisten tujuan utama anda menabung anda pasti akan tercapai.

Demikianlah artikel tentang cara menabung di celengan, semoga bisa membantu anda menabung dengan cara yang benar dirumah. Menabung adalah cara terbaik menyimpan uang demi keperluan di masa depan, meskipun hanya menggunakan celengan, tapi jika di lakukan terus menerus akan terkumpul banyak juga.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menabung di Celengan Dengan Baik

0 komentar:

Posting Komentar