Berbagai Peluang

Berbagai Peluang adalah Blog yang membahas tentang berbagai macam kumpulan ide peluang usaha yang bisa membantu anda dalam memilih usaha yang akan anda jalankan

Kunci Sukses Usaha Toko Kelontong supaya Laris

Kunci Sukses Bisnis Toko Kelontong - Semua orang yang menjalankan suatu usaha pasti ingin usaha yang di jalankan cepat sukses dan berkembang, Begitu juga dengan orang yang sedang menjalankan usaha toko kelontong. Bagi yang baru saja membuka usaha ini pasti bingung tentang bagaimana cara membuat usaha toko kelontong laris. Membuat toko kelontong menjadi laris tentu ada cara dan strateginya.

gambar oleh : http://surabaya.bisnis.com/

Kesuksesan sebuah toko bisa dilihat dari jumlah pembeli yang datang, jumlah pembeli baru yang kian bertambah setiap harinya. dan juga penghasilan toko yang terus meningkat. Jika anda sudah memutuskan untuk membuka usaha toko kelontong, ada baiknya pelajari dulu beberapa cara membuka toko kelontong supaya laris

1.Siapkan Modal
Tanpa adanya modal, sangat susah untuk menuju kesuksesan. Jumlah modal bukan jaminan untuk menuju kesuksesan, yang penting harus pantang menyerah dan terus berpikir kreatif. Modal awal yang di gunakan untuk membuka toko kelontong tidak terlalu besar, hanya untuk me renovasi tempat dan membeli barang untuk di jual.

2. Lokasi Toko
Ini sebagai penentu kesuksesan toko yang akan anda buat nantinya. Tempat yang strategis untuk membuka toko kelontong adalah mudah dilihat, mudah di jangkau, banyak orang yang berlalu lalang, di tengah pemukiman, dan tempat parkir yang memadai.

3. Pintar Mencari barang
faktor yang bisa menentukan harga beli murah adalah pintar mencari agen. Harga setiap agen pasti berbeda. Begitu juga dengan barang yang di jual juga berbeda kelengkapan nya. Untuk mendapat harga beli yang murah, langkah awal yang harus anda lakukan adalah mencari agen dan me riset harga setiap agen nya.

4. Desain Toko Kelontong
Yang di maksud pada poin ini adalah penataan barang, rak dan kebersihan toko juga di perhatikan oleh pembeli, usahakan menata barang yang mudah di lihat oleh pembeli, demikian juga dengan penataan rak juga harus rapi supaya nyaman untuk dipandang. Untuk selengkapnya silahkan baca desain toko kelontong kecil

5. Menentukan harga
Menjual barang dengan harga yang sedikit murah adalah daya tarik pembeli, Namun tidak semua barang di jual murah, karena keuntungannya juga akan sedikit. Supaya bisa memberikan harga yang sedikit murah anda perlu membaca poin 3, yaitu pintar mencari agen yang menjual harga yang murah dari agen lain.

6. Pelayanan
Pelayanan sangat di utamakan dalam berdagang apapun. Tak terkecuali toko kelontong. Pembeli sangat senang dengan penjual yang ramah dan sabar menghadapi para pembelinya. Jangan dibawa emosi ketika ada pembeli yang mungkin menawar dengan harga yang murah. Se bisa mungkin berikan pelayanan tambahan seperti layanan antar LPG dan pemasangan regulator nya, Air isi ulang galon, atau beras. Hal tersebut terkesan sepele tapi bisa memberikan dampak yang sangat besar bagi kelangsungan toko kelontong anda.

7. Kendaraan
Jika anda ingin membuka usaha ini, tentu harus punya kendaraan, minimal sepeda motor untuk membeli barang yang akan di jual, atau berkeliling mencari agen sembako murah. Selain itu kendaraan juga berguna untuk meningkatkan pelayanan yang sudah kita bahas pada poin 6.

8. Alat Hitung/Kalkulator
Bila anda sudah jago menghitung, tetap jangan remeh kan alat ini. Kalkulator berguna untuk menghitung total barang yang di beli dengan jumlah banyak. Jika anda salah hitung sedikit saja bisa merugikan anda dan juga pembeli. Demi kenyamanan dan keamanan bersama sebaiknya sediakan 1 kalkulator di Toko anda.

9. Usia Toko
Kebanyakan orang lebih suka berbelanja ke toko kelontong yang sudah lama, dan memiliki banyak pelanggan. Maka dari itu jika toko anda masih terbilang baru jangan putus asa. Terus lakukan berbagai macam tips yang sudah di bahas pada artikel ini.

10 Manfaatkan Momen tertentu
Kadang kala ada beberapa barang yang laku keras di jual pada saat ada momen tertentu misal saja, Sirup yang laku keras di jual pada saat menjelang Lebaran, Minuman gelas pada saat agustusan, dan Buku tulis ketika tahun ajaran baru. Tak salah jika anda ingin memanfaatkan momen tersebut untuk mendapat keuntungan lebih.

11. Nama Toko
Nama yang digunakan untuk toko kelontong anda juga sangat memudahkan orang untuk mengingat dan me referensi kan kepada teman mereka. Maka dari itu pilihlah nama toko yang mudah diingat. Supaya banyak orang yang mengenal toko kelontong yang anda bangun.

12. Promosi
Promosi sangat di haruskan jika toko anda masih baru saja di bangun, untuk memberitahu kepada warga sekitar tentang toko anda. Buatlah spanduk yang menarik dengan nama toko anda, dan juga buat diskon pembelian sembako untuk menarik minat pembeli berkunjung ke toko anda. Selain dengan memasang spanduk anda juga bisa melakukan promosi dengan cara membagikan brosur di pinggir jalan. Untuk menarik pangsa yang lebih luas.

13. Mencari dan memilih agen
Sebisa mungkin pilihlah agen dengan harga yang murah dan barangnya lengkap. Untuk mendapatkan harga yang murah, usahakan jangan hanya berlangganan pada satu agen saja, hal itu juga bermanfaat jika satu agen stok barangnya kosong, maka anda bisa membeli di agen lain yang juga menjadi langganan anda.

14. Jam buka yang panjang
Sebaiknya buka toko se pagi mungkin misal jam 5 pagi. Karena toko kelontong cenderung menjual barang kebutuhan sehari-hari yang mungkin di butuhkan pada pagi hari, dan tutup pada malam hari sekitar jam 12 malam, karena masih ada orang membutuhkan barang di malam hari seperti mi instan atau rokok.

15. Kelengkapan Barang
Salah satu hal yang di sukai pembeli ketika berbelanja di toko kelontong adalah kelengkapan barangnya. Artinya semua kebutuhan yang ia cari sudah ada di satu toko, tidak perlu mencari ke toko lain. Apa lagi barang yang ia cari tidak ada di toko lain. Baca juga Peluang Bisnis jual Beras Kemasan

16. Jujur dan ramah
Kejujuran adalah prinsip utama yang harus di miliki oleh semua pedagang. Usahakan selalu katakan kekurangan barang yang anda jual jika ada cacatnya untuk menghindari kekecewaan pembeli. Tak lupa juga dengan kembalian anda harus teliti sebelum pembeli pergi jauh, jika mungkin uang pembeli kelebihan, langsung saja kembalikan, atau ada barang berharga pembeli yang tertinggal, simpan untuk di kembalikan jika mungkin suatu saat ia mencari.

Demikian beberapa tips tentang Kunci Sukses Usaha Toko Kelontong, Yang bisa membantu anda dalam membuka atau mengembangkan toko kelontong yang sudah anda bangun. Jika ada tips yang menurut anda kurang jelas, silahkan tanyakan di kolom komentar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kunci Sukses Usaha Toko Kelontong supaya Laris

0 komentar:

Posting Komentar