Berbagai Peluang

Berbagai Peluang adalah Blog yang membahas tentang berbagai macam kumpulan ide peluang usaha yang bisa membantu anda dalam memilih usaha yang akan anda jalankan

Berapa Biaya Pembuatan Kos Kosan ?

biaya pembuatan kos kosan - Artikel yang akan kita bahas pada kali ini berhubungan dengan bisnis di bidang proprety, yaitu kos kosan. Banyak sekali orang yang ingin membangun usaha kos kosan, karena usaha tersebut bisa memberi pemasukan yang pasif bagi pemiliknya. Namun salah satu kendala yang membuat sebagian orang keberatan untuk memulai usaha ini adalah Modal. Memang untuk memulai usaha ini di butuhkan modal yang sangat besar sekali.


Untuk membangun usaha kos kosan pada awalnya kita harus memiliki tanah terlebih dahulu sebelum memulai melakukan pembangunan rumah kos. Biaya untuk membeli tanah dan keperluan material juga butuh modal yang tak sedikit, di tambah lagi anda harus membayar para pekerja untuk membangun rumah kos anda. Namun jika anda sudah menyiapkan banyak sekali modal untuk usaha kos, tentu hal itu bukan suatu halangan bagi anda.

Blog Berbagai Peluang kali ini akan menjelaskan perkiraan rincian biaya pembuatan kos kosan, mungkin akan bermanfaat bagi anda yang tertarik ingin segera memulai usaha yang satu ini.

Rincian Modal Membuat Kos Kosan dengan skala kecil (1 kamar)

1. Siapkan Tanah
Sebelum memulai melakukan pembangunan, tentu anda harus memiliki tanah terlebih dahulu. Harga tanah di tiap kota berbeda, jadi misalnya anda ingin membangun rumah kost dengan lebar tanah hanya 4m x 5m, luas tanah = 20m2, harga tanah Rp. 600.000, -/2m jadi total harga tanah 600 ribu x 20m2 = Rp. 12.000.000.

Harga tanah ini hanya saya kira kira saja, karena biasanya dari tahun ke tahun harga tanah selalu naik. Silahkan riset harga tanah di kota anda, anda bisa mulai mencari tanah secara online melalui situs jual beli atau Offline.

2. Mulai Bangun
Jika sudah anda siapkan tanah, sekarang saatnya mulai pembangunan. Buat bangunan kamar kos 3m x 4m = 12m2, Perkiraan biaya pembuatan material dan tukang untuk kamar kos dengan ukuran tanah 4mx5m adalah 25 juta. Meski dengan tanah ukuran 4mx5m hanya bisa di bangun 1 kamar, hasil yang anda dapat tiap bulan lumayan, nanti kita bahas pada bagian analisa keuntungan.

3. Perlengkapan
Jika rumah kos sudah jadi, kini anda harus menyiapkan berbagai macam keperluan sebelum rumah tersebut di sewakan. Perlengkapan yang saya maksud adalah Listrik, Air PDAM, kasur, lemari, lampu, atau kipas angin. Biaya yang di butuhkan untuk menyiapkan itu semua kira kira 3 sampai 5 juta.

4. Perizinan 
Meski hanya usaha kos dengan sakala kecil, tetap anda harus memiliki ijin dari RT dan RW setempat. Anda juga harus mengurus surat pengizinan pendirian bangunan di dinas usaha jika anda membangun kos dengan skala besar. Perkiraan biaya pembuatan surat perizinan 2 juta.

Jadi total Modal keseluruhan yang harus di keluarkan untuk membuat kost sekitar 45 juta rupiah. Itu hanya dengan tanah ukuran 4mx5m dan hanya di bangun satu kamar saja, namun jika anda ingin membuat dengan jumlah kamar yang banyak, modal yang dibutuhkan pasti sangat banyak juga.

Penghasilan 
Penghasilan usaha kos biasanya bulanan, para penyewa akan membayar kepada pemilik kost tiap tanggal yang sudah di tetapkan. Untuk kost dengan ukuran 4m x 5m bisa di bandrol dengan harga Rp.700.000 tiap bulannya. Jadi listrik dan air di tanggung sendiri oleh penghuni kost.

Jika modal yang di gunakan untuk membuat kos sebesar 45 juta, maka akan butuh waktu kurang lebih 6 tahun untuk bisa balik modal, meski lama penghasilan yang didapat pasif dan rutin jika penghuni kost betah tinggal disana.

Demikianlah artikel tentang berapa biaya pembuatan kos kosan, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan anda sebelum memulai usaha ini. Artikel diatas hanyalah contoh kecilnya saja, idealnya rumah kos akan di bangun dengan kamar lebih dari 3, sehingga pendapatan yang di peroleh akan lebih maksimal. Usaha kos ini sangat tepat untuk di jadikan usaha sampingan karyawan, jadi selain anda mendapat gaji dari perusahaan, anda juga akan mendapat dari usaha kost yang anda bangun.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Berapa Biaya Pembuatan Kos Kosan ?

0 komentar:

Posting Komentar