Berbagai Peluang

Berbagai Peluang adalah Blog yang membahas tentang berbagai macam kumpulan ide peluang usaha yang bisa membantu anda dalam memilih usaha yang akan anda jalankan

Cara Membuka Bisnis Salon Kecantikan

bisnis salon kecantikan - Salah satu bisnis dengan modal kecil kecilan yang sangat menguntungkan. Untuk memulai usaha ini perlu rencana dan strategi yang sangat matang. Bagi wanita kecantikan adalah segalanya, maka dari itu mereka rela pergi ke salon meski mengeluarkan banyak uang dan meluangkan waktu ditengah kesibukan nya untuk menunjang kecantikannya. Banyak tujuan yang mendorong wanita mempercantik dirinya ke salon antara lain untuk kebanggaan suami, dikagumi pacar dan teman atau lain sebagainya.

Cara Membuka Bisnis Salon Kecantikan
gambar oleh : Salon kecantikan dewi

Dilihat dari hal tersebut bisnis salon kecantikan ini adalah peluang usaha yang sangat bagus untuk dijalankan. Karena wanita membutuhkan perawatan rambut, muka hingga badannya setiap seminggu sekali. Maka dari itu juga anda berminat untuk membuka Bisnis salon kecantikan, ada beberapa hal yang bisa anda pelajari dibawah ini :

1. Mengikuti Kursus atau Pelatihan
Modal yang paling utama yang harus anda miliki untuk membuka salon adalah Keahlian dan menguasai semua teknik make up, atau kecantikan. Manfaat mengikuti pelatihan atau kursus, anda akan mendapat banyak sekali ilmu tentang dunia tata rias, serta mendapat sertifikat yang bisa meningkatkan kepercayaan konsumen akan kemampuan anda.

Kemampuan utama yang harus di miliki untuk memulai usaha salon adalah teknik potong rambut, make up, creambath dan masih banyak lagi. Biaya kursus sangat bervariasi tergantung paket dan pengajar yang anda pilih. Sebaiknya pilih tempat atau pengajar kursus salon kecantikan yang sudah terkenal, supaya kemampuan anda menjadi lebih baik. Untuk melatih kemampuan anda setelah pelatihan, cobalah untuk memotong rambut atau me make up

Jika anda tidak memiliki modal untuk mengikuti privat, anda bisa mengikuti pelatihan yang diadakan oleh lembaga pemerintah atau dinas sosial terdekat. Pelatihan yang diadakan oleh lembaga pemerintah tidak dikenakan biaya, malah anda akan mendapat uang karena berpartisipasi dalam memajukan program pemerintah.

2. Cara memulai bisnis salon | Memilih tempat usaha
Langkah ke dua adalah mencari tempat atau lokasi yang strategis untuk memulai usaha salon kecantikan. Atur dekorasi tempat semenarik dan senyaman mungkin bagi konsumen, pilihan warna cerah seperti pink atau putih adalah warna yang sering digunakan pengusaha salon kecantikan yang sudah sukses. Jika anda belum cukup biaya untuk mencari tempat sewa, gunakan saja ruangan di rumah anda untuk memulai usaha bisnis salon ini.

Baca juga Contoh Usaha Kecil Kecilan

3. Menyiapkan bahan dan peralatan
Beberapa alat yang perlu anda siapkan adalah Interior Salon, berikut adalah rincian yang di perlukan :
  • Pengecatan Tembok
  • penyediaan partisi-partisi
  • Hiasan dinding
  • Lemari dingin
  • Persediaan Air panas dan dingin
  • Lampu biasa dan lampu hias
Berikut adalah bahan dan peralatan salon yang anda butuhkan untuk memulai usaha salon kecantikan:
  1. Kursi khusus untuk salon (minimal 3 unit) : Rp. 1.000.000
  2. Pemanas rambut (1 unit) : Rp. 2.000.000
  3. Hairdryer : (3 unit) : Rp. 300.000
  4. Dipan untuk tempat Facical (2 unit): Rp. 2.000.000
  5. Meja pancuran cuci rambut (2 unit) : Rp. 1,500.000
  6. Cermin Besar (3 unit) : Rp. 300.000
  7. Troley peralatan salon (1 unit) : Rp. 1.000.000
  8. Lemari etalase kaca (1 unit) : Rp. 1.000.000
  9. Berbagai macam peralatan salon antara lain sisir, set manicure-pedicure, gunting, handuk seharga: Rp. 2.000.000
  10. Bahan-bahan salon  (shampoo, tonic, cream, pelembab, dll) dalam 1 paket seharga Rp. 5.000.000
4. Tips menjalankan usaha salon kecantikan
Jika anda sudah menyiapkan semua kebutuhan yang di perlukan untuk usaha salon, dan tempat juga sudah tersedia. Maka langkah berikutnya adalah Promosi, mengingkat kan pelayanan dan kepuasan pelanggan, dan jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan tren fashion disekitar anda. Jangan lupa untuk mengikuti produk terbaru tentang penggunaan obat kecantikan di salon anda

5. Tips Tambahan
Untuk menambah kesan ke profesionalan salon anda, bisa di tambahkan juga berbagai macam layanan seperti pijat spa, penyewaan pakaian pengantin beserta make up pengantin, atau juga bisa membuka pelatihan kursus bagi perempuan yang ingin belajar make up.

Itulah tips artikel mengenai cara membuka bisnis salon kecantikan beserta analisa nya juga. Usaha ini sangat cocok sebagai usaha rumahan, artinya bisa di jalankan di rumah anda sendiri. Jika anda ingin mencari tau tentang usaha rumahan apa yang paling menguntungkan silahkan baca artikel usaha rumahan yang lagi tren.

Sekali lagi, analisa diatas hanyalah sebagai gambaran saja, mungkin di kenyataannya harga jauh berbeda, namun dari artikel ini anda bisa memperkirakan berapa biaya yang harus anda siapkan untuk membuka salon kecantikan. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuka Bisnis Salon Kecantikan

0 komentar:

Posting Komentar