Berbagai Peluang

Berbagai Peluang adalah Blog yang membahas tentang berbagai macam kumpulan ide peluang usaha yang bisa membantu anda dalam memilih usaha yang akan anda jalankan

Resiko Bisnis Rental Mobil Beserta Cara Mengatasinya

resiko bisnis rental mobil - Setiap bisnis pasti ada resiko yang harus di hadapi, begitu juga dengan bisnis yang berhubungan dengan tempat sewa kendaraan. Jika anda ingin menekuni usaha ini ada baiknya anda mempelajari berbagai macam resiko yang akan di hadapi, serta bagaimana mengatasi masalah tersebut. Hal ini perlu anda lakukan demi kemajuan dan kelancaran usaha rental mobil anda nanti.


Usaha rental mobil termasuk bisnis dengan modal besar, jika anda tidak ingin kehilangan modal tersebut anda harus pintar dalam mengatasi resiko yang akan di hadapi nanti. Resiko tidak bisa di hindari, tapi bisa di minimalisir tingkat resiko tersebut. Pada usaha rental mobil, beberapa resiko bisnis rental mobil yang harus anda ketahui adalah :

  • Tindakan pencurian oleh pihak penyewa yang tidak bertanggung jawab. 
  • Digunakan untuk tindak kejahatan
  • Mobil digadaikan atau di jual ke pihak lain
  • Sewa mobil tidak segera dibayar
  • Mobil ditinggal di pinggir jalan, karena tidak sanggup bayar sewa yang melebihi batas perjanjian
Mengetahui resiko tersebut anda pasti pusing bila sampai itu terjadi. Namun jangan kawatir, semua masalah pasti ada solusinya. Begitu juga dengan beberapa resiko diatas. Bagaimana cara mengatasi resiko itu, silahkan simak dibawah ini. 

Cara Mengatasi Resiko Bisnis rental mobil

1. Memperkuat jaminan sewa Mobil
Cara yang paling dasar adalah dengan cara memperkuat jaminan yang digunakan untuk menyewa mobil. Banyak pelanggan yang kurang suka dengan cara ini, namun harus tetap anda lakukan untuk mengurangi resiko kejahatan yang jelas akan merugikan bisnis anda. Jaminan yang bisa anda berlakukan di usaha rental mobil anda adalah dengan meminta jaminan surat penting seperti KTP asli penyewa, kartu keluarga, SIM atau dokumen penting lainnya. 


2. Memasang Alat pelacak pada mobil
Berikutnya adalah dengan cara memasang alat pelacak. Meskipun harus mengeluarkan dana yang cukup besar, paling tidak mobil anda akan lebih aman. Dengan memasang alat tersebut anda bisa melacak keberadaan mobil yang di sewa tersebut dimana pun ia berada. Hal tersebut jelas akan menambah tingkat keamanan dari tindakan kejahatan seperti pencurian mobil. Pasang alat tersebut dibagian yang tersembunyi.

3. Menilai Calon Peminjam 
Menurut anda mungkin tidak perlu dilakukan, karena sudah memasang alat pelacak. Tidak, tetap saja harus anda lakukan untuk lebih menghindari kerugian. Penilaian yang bisa anda berikan kepada peminjam adalah dengan cara memberi pertanyaan yang berhubungan dengan tujuan ia menyewa mobil tersebut. 

Dari jawaban yang di keluarkan oleh penyewa, anda pasti bisa menilai apakah pelanggan tersebut jujur atau ingin melakukan tindak kejahatan. Dari kesimpulan tersebut anda bisa memutuskan apakah anda akan menyewakan mobil tersebut pada pelanggan.

4.  Administrasi rental yang teratur dan rapi
Administrasi ada baiknya dilakukan oleh orang yang sudah anda percayai, karena berhubungan dengan uang. Dengan adanya staf administrasi usaha keuangan dan mobil yang disewakan akan semakin terkontrol. Dengan begini anda bisa lebih tenang karena ada yang membantu dalam hal perawatan mobil dan laporan data untuk setiap transaksi. Namun jika anda tidak memutuskan untuk merekrut staf, anda bisa melakukannya sendiri dengan sangat teliti. 

5. Gunakan Supir
Untuk lebih waspada gunakan saja supir yang sudah bekerja sama dengan anda, khususnya untuk penyewa yang tidak anda ketahui dan terlihat mencurigakan saat anda menilai seperti pada poin 3. Pastikan juga anda menghindari sistem lepas kunci pada pelanggan yang mencurigakan, dan tawarkan dengan menggunakan supir. 

Demikianlah artikel tentang resiko bisnis rental mobil yang bisa anda terapkan supaya usaha anda bisa terus maju dan berkembang. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resiko Bisnis Rental Mobil Beserta Cara Mengatasinya

0 komentar:

Posting Komentar